30 Oktober 2008

Puasa Turunkan Berat Badan

JIKA Anda belum berhasil menurunkan berat badan meski telah berupaya dengan berolahraga, mengonsumsi obat-obatan, atau mengikuti berbagai program yang banyak ditawarkan dalam iklan-iklan di media massa, kini saatnya mencoba cara yang satu ini : puasa.

Bila Anda melakukannya secara benar, puasa tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga bisa mengendalikan berbagai jenis penyakit serta memberikan ketenangan batin dan kejernihan pikiran. Kutipan di bawah ini merupakan pengalaman dan pengakuan Tom Branch dari Columbia Press.

‘’Aku menganggap puasa adalah pengalaman ruhani yang sangat luar biasa, lebih besar daripada pengalaman biologis/badan semata. Maka karena keinginan itu, aku mulai berpuasa dengan tujuan membersihkan diriku dari berat badan yang berlebih. Akan tetapi, ternyata aku mendapati bahwa puasa tersebut bermanfaat sekali bagi kejernihan fikiran.

Puasa sangat membantu pandangan mata sehingga pandangan menjadi jelas sekali. Demikian juga sangat membantu dalam menganalisis ide-ide baru atau pun persepsi. Dan aktivitas puasaku belum berlalu beberapa hari, tetapi aku mendapati pengaruh kejiwaan yang demikian besar.

Aku telah berpuasa beberapa kali hinga sekarang. Aku biasanya memilih waktu antara 1 sampai 6 hari. Pada awalnya tujuanku adalah untuk menghilangkan efek negatif dari makanan yang aku konsumsi, juga untuk membersihkan jiwaku dari hal-hal yang aku alami sepanjang hidupku, khususnya setelah memperhatikan dunia dalam beberapa bulan terakhir, dan aku melihat banyak kedhaliman dan kebrutalan yang manusia hidup di dalamnya. Sungguh aku merasa bertangung jawab terhadap keadaan mereka, maka aku pun berpuasa untuk menghilangkan fikiran-fikiran itu.

Setiap kali berpuasa, perasaan tertarik pada makanan benar-benar hilang, dan aku merasakan badanku sangat rileks dan nyaman. Aku merasakan diriku berpaling dari fantasi-fantasi, emosi-emosi negatif seperti dengki, cemburu, suka ngerumpi, juga hilang perasaan takut, perasaan tidak enak, dan bosan. Semua perasaan-perasaan ini hilang dengan sendirinya ketika aku berpuasa.

Sungguh, aku merasakan pengalaman yang begitu mengesankan bersama banyak manusia ketika berpuasa. Dan mungkin semua yang aku katakan ini adalah sebab yang menjadikan muslimin -sebagaimana aku melihat mereka di Turki, Suriah, dan Quds- dengan puasa selama 1 bulan penuh menjadikan jiwa-jiwa mereka begitu mengesankan yang tidak pernah aku temukan di belahan duni manapun’’.


Tidak ada komentar: