24 Oktober 2008

Beberapa Upaya Menurunkan Berat Badan

PENYAKIT-penyakit yang sering menyertai kegemukan antara lain penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes mellitus, kanker, penyakit batu empedu, stroke, dan osteoarthritis.

Untuk itu, obesitas harus segera diatasi. Tapi, sebelum memulai program penurunan berat badan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Nasihat seorang ahli gizi juga sangat bermanfaat.

Seorang penderita obesitas mungkin membutuhkan bantuan seorang psikiater, terutama jika dia masih muda dan diganggu oleh perasaan bersalah, putus asa, atau merasa tidak berharga. Perawatan kejiwaan dapat membantu menghilangkan perasaan-perasaan tersebut sehingga obesitas tersebut dapat ditangani secara medis. 

Berikut ini beberapa langkah dalam upaya menurunkan berat badan :

Diet 
Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah mengembangkan diet yang sehat yang dapat menghentikan penambahan berat badan. Beberapa diet penurunan berat badan harus menyediakan kalori yang lebih sedikit.

Jika seseorang membutuhkan 3000 kalori perhari untuk memelihara berat badannya dengan kebiasaan hidupnya, ia harus makan 2000 kalori perhari untuk menghilangkan 0,9 kg berat badan per minggu. Pada umumnya sangat berbahaya untuk menurunkan berat badan secara cepat. 

Makanan di dalam diet harus sehat seimbang. Makanan harus menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan yang baik dalam jumlah yang cukup. Tidak ada bukti bahwa diet yang ekstrim seperti rendah karbohidrat, rendah protein, atau diet berdasarkan satu jenis makanan, memiliki banyak keuntungan di atas diet sehat seimbang. Diet menurunkan berat badan juga harus memiliki rasa yang baik dan mudah untuk dibeli dan disajikan. 

Seseorang yang menurunkan berat badan harus mempelajari daftar jumlah kalori yang dikandung dalam berbagai jenis makanan. Banyak orang percaya bahwa makanan tertentu seperti kentang bakar dan roti bakar memiliki lebih banyak kalori dibanding biasanya. Mereka juga memperkirakan jumlah kalori yang lebih rendah dalam makanan tertentu seperti steak. 

Pembagian kalori di antara makanan utama dan makanan ringan tergantung pada masing-masing orang. Beberapa orang tidak merasa sangat lapar jika mereka membagi kebutuhan kalori mereka menjadi 4 atau 5 ngemil atau makanan ringan setiap harinya. Tetapi orang lain dapat mengikuti cara makan yang lebih baik jika mereka makan 3 kali makanan utama perhari dan tanpa makanan ringan. 

Latihan 
Orang yang menjalankan diet penurunan berat badan harus melakukan lebih banyak latihan. Tapi seorang penderita obesitas meskipun berbadan sehat tidak boleh secara tiba-tiba mulai dengan latihan yang berat. Sangat berbahaya bagi jantung. 

Suatu program latihan harus dikembangkan secara bertahap. Salah satu cara yang baik untuk memulai adalah dengan berjalan kaki setiap hari, dengan menambah lama waktu latihan. Tambahan latihan diperlukan untuk orang yang ingin lebih kurus dan lebih langsing. Seseorang harus melakukan 5 sampai 6 jam latihan per minggu.

Pria berumur di atas 40 tahun, wanita di atas 50, dan seseorang dengan faktor risiko atau gejala penyakit jantung atau paru-paru harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan yang serius. 

Operasi 
Orang yang luar biasa gemuknya sehingga mengancam hidupnya dan mereka yang gagal dalam melakukan diet harus melakukan operasi untuk mengecilkan ukuran lambung. Dalam sebuah operasi tertentu yang dinamakan gastroplasti atau prosedur penjepitan lambung, dokter menggunakan peralatan penjepit yang besar untuk menutup sebagian besar lambung pasien. Setelah operasi, pasien hanya dengan makan sejumlah kecil makanan saja sudah menjadi kenyang.



1 komentar:

SEFT Spiritual Emotional Freedom Technique mengatakan...

Salam Hormat,

Perkenalkan, saya Endy. Kebetulan saya menguasai sebuah teknik yang diberi nama SEFT (Singkatan dari Spiritual Emotional Freedom Technique). Teknik ini saya pelajari dari penemu dan pendiri SEFT, yaitu Ahmad Faiz Zainuddin. Beliau sekarang terus mengembangkan Teknik SEFT. Untuk itu ia mendirikan LoGOS Institute ( www.LoGOS.co.id ). Dengan semangat : Try it on everything ... Maka Insyaalloh Teknik SEFT ini juga bisa digunakan seseorang untuk menurunkan atau meningkatkan berat badannya.

Jadi bagi siapapun yang mengalami kasus ini, silahkan saja datang ke LoGOS Institute. Setiap hari Minggu (jam 10:00 - 13:00) ada Preview Gratis mengenai SEFT ini. Bisa langsung coba terapinya juga. Jangan kuatir. Free of Charge. Syaratnya, Anda tinggal ketik NAMA ANDA kemudian kirimkan ke SMS Center LoGOS Institute di 081807788120. dan langsung datang di Hari Minggunya dengan Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 24 Kavling K. Jakarta Timur. Telp. 021-86605151 ext 0. Penjelasan mengenai SEFT juga bisa dilihat di http://LOGOSSEFT.Blogspot.com
Semoga Informasi Ini Bermanfaat
Salam Sejahtera
Wassalam Wr. Wb.,

Endy Fatah Joesoef
http://logosseft.blogspot.com/
Hp. 0818991915