07 Desember 2008

Air Putih Bikin Kurus

‘’DUH gue gemuk banget nih, udah coba diet tapi gagal. Gimana dong,’’ keluh Dina pada temannya, Nia.

Nia yang bertubuh langsing, senyum-senyum aja terima curhatnya Dina.

‘’Elo kurang minum air putih kali, coba deh rajin minum, bisa bikin kurus lho.’’

Masa sih? Nasihat Nia buat Dina itu bukan sembarang nasihat. Penelitian menunjukkan, makin jarang kamu minum air putih, lemak di tubuh akan semakin menumpuk. Tapi kalau kamu makin sering atau banyak minum, lemak-lemak justru pada kabur.

Kok bisa? Jangan bingung dulu, nih penjelasannya. Timbunan lemak di tubuh ini ada hubungannya sama hati dan ginjal. Ginjal bisa berfungsi baik kalau kamu banyak minum. Kalau kurang minum, tentu kerja ginjal jadi lambat. Demikian menurut situs DWLZ.

Nah biar tetap berfungsi baik, kerjanya si ginjal dibantu sama hati. Padahal hati juga udah punya tugas sendiri, yaitu merubah timbunan lemak menjadi energi yang berguna buat tubuh. Gara-gara bantu kerjanya ginjal itu, tugas hati jadi nggak maksimal. Lemak yang seharusnya diubah jadi energi, malah tetap tertimbun di tubuh.

Seseorang yang overweight pastinya harus minum air putih lebih banyak dari orang yang kurus. Kenapa? Karena kerja hati orang yang overweight lebih berat. Hati mereka harus bekerja ekstra keras untuk mengubah timbunan lemak yang ada di tubuh.

O'ya biasanya kalau kita turun berat badan, kulit juga akan kelihatan lebih keriput. Tapi kalau kamu tetap ikut anjuran banyak-banyak minum air putih, keadaan kulit keriput itu nggak akan terjadi. Yang ada kulit kamu malah kelihatan lebih sehat lho.

Dalam sehari, sebaiknya kamu minum sekurang-kurangnya 8 gelas. Tapi kalau kamu termasuk orang yang kelebihan berat badan alias overweight, air putihnya harus ditambah satu gelas setiap 11 kg kelebihan berat badan kamu.

Contohnya gini: tinggi badan kamu 160, kalau dikurangi 110, berat badan ideal 50 kg. Tapi karena kamu overweight, berat badan kamu adalah 75 kg. Ini artinya kamu kelebihan 25 kg. Kalau mengikuti aturan minum air putih tadi, berarti kamu harus minum paling tidak 10 gelas (8 ditambah 2) air putih dalam sehari.

Orang-orang yang sering berolahraga seperti atlet juga harus minum air putih lebih dari delapan gelas sehari. Soalnya nih mereka lebih sering mengeluarkan keringat dibandingkan mereka yang jarang olahraga. Kalau keringat yang keluar itu nggak cepat diganti, mereka akan mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan.

Berikut ada beberapa cara biar kamu bisa minum paling nggak delapan gelas dalam sehari :

1. Biasakan minum sebelum melakukan suatu kegiatan penting dalam satu hari kegiatanmu. Misalnya setiap bangun tidur, sebelum keluar dari rumah atau ketika kamu baru pulang sekolah atau kerja.

2. Jika kamu kerja kantoran, selalu sediakan air minum di atas meja kamu. Kalau bisa ditaruhnya juga di tempat yang mudah dijangkau ya. Pokoknya dekat-dekat kamu deh. Biar tambah semangat minum, kamu bisa ganti gelas kantor dengan gelas kamu sendiri yang bergambar-gambar lucu. Gelasnya harus besar ya biar kamu banyak minumnya.


3. Kalau makan junk food, selalu minta air putih untuk minum, jangan soft drink. Kalau banyak minum air putih kan biasanya bikin cepat kenyang tuh, alhasil kamu makan junk food nya juga nggak kebanyakan.

4. Setiap habis buang air kecil, usahakan untuk minum segelas air. Jadi cairan yang terbuang tadi, tetap terisi lagi.

5. Mau minum soda, boleh aja. Tapi, minimal kamu harus minum dua sampai empat gelas air putih dulu. Biasanya setelah minum air putih, keinginan kamu untuk minum soda akan berkurang. Gampang kan?! (sumber : detikhot)

18 komentar:

Anonim mengatakan...

Dari kecil saya minum air putih tapi ternyata badanku malah semakin gemuk, saya bisa langsing karena tips dari seseorang dalam jangka waktu 2 bulan saya bisa turun 8 kg

Anonim mengatakan...

Anonim.....
truss resep kamu apaan ?
Bagi-bagi donk....

riza mengatakan...

... mau tahu cara langsing yang sehat ? . . . visit my blog ...

esa mengatakan...

.... yang sy tahu .. banyak minum air putih... justru nantinya sering kebelet pipis ... he he he... trims..

http://jamu-cafe.blogspot.com/2011/06/merampingkan-perut-buncit-dengan-asam.html mengatakan...

Mau tahu resep langsing warisan nenek moyang kita. Keampuhannya sudah benar-benar terbukti lho...

tips kecantikan mengatakan...

jd dilema nich...:( pgn gmukin bdan tp g bs jauh dr air putih...
thank's infox salam knal

lowongan kerja plus mengatakan...

kl sring minum air putih aq tmbh sering buang air kecil...hehehehe

Anonim mengatakan...

bagi yang serius ingin menurunkan berat badan bisa hubungi saya. konsumen saya sdh byk yg berhasil termasuk salah satu saudara saya berhasil menurunkan 17kg dlm wkt 1,5bln lingkar badan mengecil 35cm. ukuran celana XXL menjadi M.
dengan cara mengikuti program biofit, berat badan turun tanpa efek samping karena biofit merupakan produk herbal alami.
harga biofit :
paket 1 : 150rb
paket 2 : 275rb
paket 3 : 420rb
paket 4 : 550rb
harga belum termasuk ongkos kirim via TIKI.
hub 0878 3232 7700

wisata bakti alam mengatakan...


kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT.Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Anonim mengatakan...

post ini bener banget. Rajin-rajin minum air putih emang cara diet paling aman buat tubuh. Turun berat badannya juga bukan yang semu, tapi permanen. Pola makan tetep sama, jarang olah raga, tapi rajin minum air putih, berhasil bikin gue turun 7,5kg ke berat badan ideal gue dlm waktu sebulan hehehe. Emang sih sering buang air kecil, tapi yang dibuang itu bukan sekedar air yg kita minum tadi. Yg dibuang itu adalah racun-racun yg ada di tubuh, dan lemak hasil pembakaran tubuh. Ga melulu lewat keringet, kalo jarang olah raga? Ya lewat pipis lemaknya&racunnya dibuang. Jadi...ayo ajaaa...rajin2 minum air putih buat dapetin berat badan yang ideal. Selain ideal, jauh dari penyakit juga, dan satu lagi....MURAH :) Hehehe. Thankyou, just sharing :D

Unknown mengatakan...

masuk akal juga,....
makasih yaa akan ku ikuti.

Unknown mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat sekali,... ditunggu kunjungan baliknya di : diet sehat | www.pernikmuslim.com

cara menurunkan berat badan mengatakan...

terimakasih informasinya :D

Unknown mengatakan...


Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Blackjack Nomor Satu di Indonesia SALAMPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

Unknown mengatakan...

ini bener banget, dalam waktu kurang dari sebulan berat badan saya turun 9kg
awalnya berat saya 125kg, entah kenapa akhir2 ini jadi suka sekali minum air putih
setelah lama tidak menimbang badan tiba2 saat nimbang berat badan saya jadi 119kg, saya terusin seminggu kemudian berat badan saya jadi 116. dan hebatnya sekalipun saya makan lumayan banyak, berat badan saya stabil. mau terusin sampe dapet angka 90kg sebelum natal.

Hidup Adalah Perjuangan mengatakan...

Tampil lebih seksi tentu saja harus langsing dan air putih adalah solusi jitu.
Kamipun selalu meminum air putih.
Sarannya dahsyat teman.
Cara langsing tetap sehat alami
Salam

Qhilsa Nasa mengatakan...

Pengen langsing alami bisa pake produk herbal nasa tanpa efek samping bbm : D7EE9127 whatsap : 0895345505119 ms/call : 089656152007

Unknown mengatakan...

Makasih infonya gan