07 Desember 2008

Hati-hati, MSG Bikin Gemuk!

SATU lagi alasan Anda untuk mengurangi konsumsi MSG atau vetsin. Menurut penelitian, makanan yang mengandung MSG bisa membuat Anda gemuk!

Sebuah penelitian dilakukan di China sejak tahun 1969. Adalah Dr Ka He dan tim dari Universitas California, Amerika Serikat yang mengadakan penelitian tersebut.

Sebanyak 752 warga China, laki-laki dan perempuan yang tinggal di berbagai wilayah di China yang menjadi obyek penelitiannya. Mereka adalah warga yang biasa menyiapkan (memasak .red) makanannya sendiri. Hal ini memudahkan peneliti untuk menghitung kadar MSG yang mereka gunakan dalam setiap masakannya.

Sebanyak 82.4 persen obyek penelitian mengkonsumsi rata-rata 0.33 gram perharinya. Hasil penelitian menunjukan Body Mass Index (BMI) warga yang menggunakan MSG alias monosodium glutamat adalah 23.5, sedangkan yang tidak mengkonsumsi MSG 22.3.

Untuk ukuran orang Asia, tingkat BMI 23 ke atas sudah termasuk obesitas. Untuk itu dianjurkan untuk mengurangi pemakaian MSG pada makanan. Lebih baik gunakan penyedap yang alami. Hidup sehat, badan pun tetap indah. (sumber : www.warnaku.com)

Tidak ada komentar: